Tips Memilih Vendor Souvenir


Apakah Anda perlu souvenir dengan jumlah banyak? Untuk memenuhinya tentu anda perlu mencari vendor souvenir yang tepat. Vendor di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan Anda akan souvenir dalam jumlah banyak. Jika Anda hanya butuh souvenir untuk pribadi dalam jumlah kecil tentu bisa membelinya di toko-toko souvenir dan tidak perlu vendor. Souvenir dalam jumlah banyak di butuhkan saat Anda hendak mengadakan kegiatan atau acara besar. Sebagai cendera mata kepada peserta acara tentu perlu dibuatkan souvenir unik sebagai kenang-kenangan. Vendor pembuatan dan penjualan souvenir kini sudah sangat banyak, mulai dari vendor yang baru merintis atau yang sudah sangat berpengalaman.

 

Sayangnya, tidak semua vendor souvenir memiliki kinerja yang memuaskan pelanggan. Memang secara selera pelanggan berbeda-beda namun pada umumnya kita tentu tahu mana vendor yang memang professional dan yang tidak. Dalam mencari mitra kerja untuk kebutuhan momentual Anda seperti vendor pembuatan souvenir perlu di pilih mana vendor yang terpecaya, karena faktanya ada vendor yang kurang professional dalam memenuhi ekspektasi kita sebagai pelanggan. Lalu, Bagaimana tips memilih vendor professional, aman, dan terpecaya.

 

Berdasarkan hal tersebut, maka pemilihan souvenir yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan kantor Anda penting untuk direncanakan. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik untuk memilih souvenir yang tepat bagi perusahaan Anda :

 

1. Pilih vendor yang di rekomendasikan orang terdekat

Vendor yang di rekomendasikan oleh teman, keluarga, atau orang terdekat bisa menjadi pilihan vendor yang cukup layak dipilih. Namun dengan catatan, orang yang merekomendasikan kepada Anda memang betul-betul telah menggunakan jasa vendor tersebut, dan merasakan sendiri kualitas pelayanan dari vendor tersebut. Jika kerabat Anda merekomendasikan vendor kepada Anda yang dia sendiri mengetahui informasi vendor dari orang lain dan belum merasakan sendiri, sama saja bohong. Tanyakan kepada orang terdekat tentang mana vendor yang paling rekomended, dan tanyakan bagaimana kualitas pelayannya..

 

2. Pilih vendor yang dekat dengan domisili Anda

Jika Anda dekat dengan kota besar biasanya banyak pilihan vendor yang bisa dipilih. Kota-kota besar tentunya memiliki kelebihan pusat bisnis yang berkembang, salah satunya adalah jasa vendor pembuatan souvenir. Vendor yang dekat dengan domisili Anda jauh lebih aman karena dengan begitu Anda dapat mengunjungi tempat vendor tersebut secara langsung. Stock souvenir hingga kondisi pabrik dan kantor pemasaran vendor bisa Anda tinjau secara langsung sehingga akan lebih aman untuk melakukan pemesanan. Jika ada masalah nantinya juga akan mudah untuk menyelesaikannya karena secara jarak tidak jauh dari domisili Anda. Namun tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa vendor secara online, dengan catatan Anda harus lebih kritis dan peka terhadap setiap transaksi yang di lakukan. Jangan sampai Anda tertipu dan mendapatkan kualitas souvenir yang dikirim tidak sesuai harapan Anda.

 

3. Pilih vendor yang mampu memberikan penawaran variasi produk

Untuk melihat apakah vendor tersebut sudah sangat berkembang dan berpengalaman salah satunya bisa dilihat dari varian produk yang ditawarkan. Dalam hal vendor souvenir, bisa dilihat pilihan souvenir yang tersedia, dari keunikannya, bermacam jenisnya, dan juga pilihan harga atau system paket pemesanan yang di tawarkan, kesemuanya termasuk produk yang bisa kita lihat seberapa banyaknya varian yang ditawarkan oleh setiap vendor. Jika perlu, Anda bisa membandingkan varian produk masing-masing vendor.

 

4. Pilih vendor yang memiliki system pelayanan yang baik

Produk yang kita lihat tidak hanya core produknya saja. Sistem pelayanan juga termasuk produk penunjang yang perlu kita perhatikan. Pastikan pelayanan vendor dari tahap pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman souvenir benar-benar tidak merugikan Anda. Semua tahapan transaksi harus di lakukan dengan fair. Pemberian garansi juga salah satu bagian dari kualitas pelayanan tambahan yang bisa diberikan oleh vendor. Vendor yang professional seharusnya berani memberikan garansi dari produknya sebagai bagian dari tanggung jawab untuk menjaga kepuasan pelanggannya.

 

5. Pilih vendor yang sudah lama berdiri

Aspek Ini bukanlah penentu vendor tersebut bisa dinilai terpecaya atau tidak. Namun dengan melihat lama berdirinya vendor tersebut bisa juga menunjukkan bahwa sudah banyak pelanggan yang mempercayakan pemesanan souvenir kapada vendor tersebut.

 

6. Lihat lisensi dan ijin usaha vendor

Akan lebih aman jika kita melihat apakah vendor tersebut memiliki ijin usaha yang sah dari dinas atau kementerian terkait. Jika ada ijin usaha yang ditampilkan kepada pelanggan maka turut memberikan nilai plus bahwa vendor tersebut bisa dipercaya.

 

7. Uji coba vendor

Langkah terakhir untuk benar-benar meyakinkan kita tentang bagaimana kualitas vendor tersebut tentu dengan mencobanya sendiri. Anda bisa melakukan pemesanan souvenir kepada vendor dan amati bagaimana kualitas yang diberikan dari proses pemesanan hingga Anda mendapatkan barangnya. Jika Anda puas maka tidak ada salahnya untuk menjadikan vendor tersebut menjadi mitra kerja untuk proyek Anda yang lebih besar.

 

Artikel ini ditulis oleh Niknik Bestar.

Copyright © 2014 by PT Vegnastar Indoglobal